IkLaN

IkLaN

Cerita International

IkLaN

IkLaN

Jumat, 20 Oktober 2017

Keluarga

Keluarga

Beri Waktu yang Pantas untuk Keluarga karena Percayalah Tidak Ada yang Lebih Penting dari Mereka

Ibu dan anak | pixabay.com

Intisari-Online.com – Seorang pria menceritakan ‘kencannya’ dengan sang ibu setelah 21 tahun ia menikah

Setelah 21 tahun menikah, istri saya ingin saya mengajak wanita lain untuk makan malam dan menonton film.

Katanya, “Saya mencintaimu, tapi saya tahu, wanita lain ini mencintaimu dan ingin meluangkan waktu bersamamu.”

Wanita lain yang istri saya maksudkan adalah Ibu saya, yang telah menjanda selama 19 tahun.

Tapi karena tuntutan pekerjaan saya dan ketiga anak saya, kami hanya bisa mengunjunginya sesekali.

Malam itu saya menelepon ibu dan mengajaknya untuk pergi makan malam dan menonton film.

“Apa salahnya, apakah kamu baik-baik saja?” tanya ibu.

Ibu saya adalah tipe wanita yang mencurigai bahwa panggilan larut malam atau undangan kejutan adalah pertanda kabar buruk.

“Saya pikir akan menyenangkan menghabiskan waktu bersama ibu,” kataku. “Kita berdua saja loh.”

Ia memikirkannya sejenak, lalu berkata, “Baiklah, saya sangat menginginkannya.”

Hari Jumat itu setelah bekerja, saat saya menyetir untuk menjemputnya, saya sedikit gugup. Ketika saya sampai di rumahnya, saya perhatikan bahwa ia juga merasa gugup dengan kencan kami.

Ia menunggu di pintu dengan mantelnya yang berwarna terang.

Ia telah menggelung rambutnya dan mengenakan gaun yang dikenakannya saat merayakan ulang tahun pernikahannya yang terakhir.

Ia tersenyum dari wajah yang berseri-seri seperti malaikat.

“Saya mengatakan kepada teman-teman bahwa saya akan pergi kencan dengan anak laki-laki saya, dan mereka terkesan,” katanya, saat ia masuk ke mobil. “Mereka tidak sabar untuk mendengar kisah lanjutan tentang pertemuan kita.”

Kami pergi ke restoran, yang meski tidak elegan, tapi sangat enak dan nyaman. Ibu meraih lengan saya seolah-olah ia adalah Ibu Negara.

Setelah kami duduk, saya harus membaca menu. Matanya hanya bisa membaca cetakan besar. Setengah jalan, saya mengangkat mata dan melihat Ibu duduk menatap saya. Senyum nostalgia ada di bibirnya.

"Dulu saya yang harus membaca menu saat kamu masih kecil," katanya.

"Kalau begitu, tiba saatnya Ibu santai dan biarkan saya membalasnya," jawab saya.

Selama makan malam, kami melakukan percakapan yang menyenangkan - tidak ada yang luar biasa tapi mengejar kejadian terkini dari kehidupan masing-masing. Kami banyak bicara sehingga kami melewatkan menonton film.

Ketika kami sampai di rumahnya nanti, dia berkata, "Saya akan pergi bersamamu lagi, tapi hanya jika kamu mengizinkan saya mengundangmu." Saya setuju.

"Bagaimana kencan makan malammu?" tanya istri saya saat saya sampai di rumah. "Baik.  Jauh lebih indah daripada yang bisa saya bayangkan," jawab saya.

Beberapa hari kemudian, ibu saya meninggal karena serangan jantung yang hebat. Terkejut. Itu terjadi begitu tiba-tiba sehingga saya tidak memiliki kesempatan untuk melakukan apapun untuknya.

Beberapa waktu kemudian, saya menerima sebuah amplop dengan salinan tanda terima restoran dari tempat yang sama dengan ibu saya dan saya telah makan beberapa waktu lalu.

Catatan terlampir menyatakan, "Saya telah membayar tagihan ini terlebih dahulu. Saya tidak yakin bisa berada di sana; Tapi bagaimanapun, saya sudah membayar dua porsi  - satu untukmu dan yang lainnya untuk istrimu. Kamu tidak akan pernah tahu apa arti malam itu bagi saya. Saya menyayangimu, Nak."

Pada saat itu, saya mengerti pentingnya mengatakan pada waktunya, "Saya mencintaimu” dan untuk memberi orang-orang terkasih saat mereka layak mendapatkannya.

Tidak ada yang lebih penting dari keluarga kita. Beri mereka waktu yang pantas mereka dapatkan, karena hal-hal ini tidak dapat ditunda sampai waktu lain.

Reporter : K. Tatik Wardayati

Editor : Ade Sulaeman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung :D
Sukses selalu dan Salam Hormat :)
*)

IkLaN